Thursday , January 4 2018
Home / Artikel Bisnis / Strategi Memanfaatkan Peluang Bisnis Fashion

Strategi Memanfaatkan Peluang Bisnis Fashion

Strategi Memanfaatkan Peluang Bisnis Fashion

Trend pakaian muslimah sejak beberapa tahun terakhir ini telah menjadi peluang bisnis fashion yang menguntungkan bagi pelaku usaha. Karena mulai banyaknya wanita yang mulai berhijab, maka kebutuhan akan pakaian muslim ikut meningkat. Pakaian muslimah yang dulunya terkesan ketingalan model atau kuno, kini justru sebaliknya. Bahkan, pakaian muslimah saat ini banyak juga dilirik oleh wanita-wanita non muslim, tentu saja pemakaiannya sedikit dimodifikasi agar terlihat berbeda dari muslimah.Luasnya peluang bisnis fashion yang menguntungkan ini, menjadikan lahan baru bagi siapa saja yang ingin memperoleh rezeki. Misalnya, menjadi perancang pakaian muslimah (designer) atau penjual pakaian muslimah ready to wear. Namun, peluang besar ini mesti ditangkap dengan strategi-strategi tepat. Sebab, jumlah designer dan seller yang ada sangat banyak. Mau tidak mau Anda akan dihadapkan dengan persaingan yang sangat ketat.

Strategi Memanfaatkan Peluang Bisnis Fashion

Ada beberapa strategi yang perlu Anda terapkan sebelum memutuskan terjun ke bisnis fashion, antara lain:

  1. Tanamkan semangat. Strategi paling utama untuk mendekatkan Anda pada keberhasilan bisnis fashion adalah semangat. Tanpa semangat yang kuat, mustahil Anda dapat bertahan lama menekuni bidang ini.
  2. Kenali lingkungan terdekat. Lingkungan terdekat merupakan ruang gerak paling nyata yang paling sering Anda hadapi. Jika lingkungan tempat tinggal atau lingkungan kerja Anda mayoritas muslim, itu sangat bagus sekali. Sebab umumnya pembeli pertama berasal dari orang-orang terdekat di sekitar Anda. Meski demikian, strategi ini bisa sedikit diingkari, sebab ada strategi ketiga yang bisa diterapkan.
  3. Merambah jalur online. Jual beli online semakin digemari banyak orang, terutama mereka yang tidak punya waktu untuk window shopping ke pusat-pusat perbelanjaan. Bagi seller, berjualan online terasa lebih memudahkan. Selain tidak perlu memiliki/menyewa toko, sasaran tuju luas tak berbatas. Namun, strategi ini akan terasa sulit jika Anda buta teknologi. Tidak mengerti internet atau bahkan tidak pandai menggunakan smartphone. Jangan lekas berkecil hati, semua itu bisa dipelajari dengan mudah asal ada kemauan.
  4. Mulai dari modal kecil. Anda bisa kapan saja memulai bisnis fashion. Mulailah secara bertahap dari modal kecil terlebih dahulu dan pelajari perkembangannya. Strategi ini dapat meminimalkan kerugian Anda jika kemungkinan terburuk terjadi (tidak laku).
  5. Bekerja sama dengan MLM. Tidak punya modal sama sekali? Tenang, Anda tetap bisa memanfaatkan peluang bisnis fashion melalui kerja sama dengan MLM. MLM fashion menjamur jumlahnya. Jika Anda bergabung dengan salah satu diantaranya, maka Anda akan dibekali dengan katalog. Katalog itu adalah virtual pengganti barang nyata untuk ditawarkan pada calon pembeli. Jadi Anda tidak perlu menyetok barang terlebih dahulu.
  6. Bekerja sama dengan agen. Agen disebut penyedia barang. Ada beberapa agen yang membolehkan seller meretur barang-barang yang tidak laku dalam waktu tertentu. Ini menguntungkan sekali. Sebab, bisa me-refresh model-model pakaian yang Anda jual kapan saja tanpa menambah modal besar. Barang yang tidak laku hanya akan membuat modal Anda tertahan lebih lama.

Demikian penjelasan mengenai strategi memanfaatkan peluang bisnis fashion yang menguntungkan. Semoga bermanfaat.

Facebook Comments
BANNER FREE MEMBER

About wendyperdana

Check Also

Cara Mendapatkan Uang dengan Bisnis Internet yang Mudah dan Cepat

Cara Mendapatkan Uang dengan Bisnis Internet yang Mudah dan Cepat WENDYPERDANA.COM Apakah cara mendapatkan uang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *